CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sunday 7 April 2013

Motivasiku : Pemimpin Idaman

Edisi 2 : Pemimpin Idaman

    Kawan, pernahkah anda merasakan menjadi seorang pemimpin? Tidak hanya pemimpin rakyat loh , bisa saja meminpin keluarga, masyarakat, teman kerja atau bahkan teman sekolah.
    Kadang, menjadi seorang pemimpin bukanlah perkara  yang mudah. Para pemimpin seringkali menghadapi masalah masalah mengenai kepemimpinanya, yang tentu saja akan membawa beban pikiran tersendiri bagi anda. pernahkah anda mengalami permasalahan tsb kawan?
Tak usah khawatir,
sebaik apapun cara anda memimpin, percayalah pasti selalu saja ada yang namanya masalah.

    Nah, Cara memimpin yang efektif itu bukanlah mengenai bagaimana memimpin orang orang dan bagaimana membuat mereka takut pada anda. Akan tetapi memimpin itu adalah bagimana anda mampu meyakini dan memberikan yang terbaik untuk melayani orang orang anda.maksudnya?

     Menurut pakar kepemimpinan John C. Maxwell, untuk menjadi orang besar kita harus mau menjadi yang paling kecil dan juga pelayan bagi orang  (Anne Ahira)
     Jangan menganggap kepemimpinan adalah segalanya, sehingga anda bisa sewenang wenang pada bawahan anda. Tidak..Tidak.. itu salah besar. Sebagai seorang pemimpin yang baik kita harus mampu melayani dan bersikap disiplin, agar orang orang yakin bahwa anda adalah pemimipinan yang layak untuk mereka taati

     Tapi Kawan, pemimpin juga tidak berarti selalu benar sehingga anda tidak mau mendengarkan aspirasi atau keluhan orang orang anda. INGAT!!  Pemimpin juga manusia, jadi Berikanlah suatu keterbukaan kepada mereka agar dapat menyalurkan aspirasi dan keluh kesahnya. Jangan menciptakan suatu  kesenjangan diantara kalian *ciyeeh. Ini penting loh karena merupakan suatu pembelajaran yang sangat berharga bagi seorang pemimpin.

     Tanpa mau mendengarkan aspirasi orang lain, jangan harap mereka akan melihat anda sebagai pemimpin

     Selain itu, pemimpin yang baik harus bisa menjadi mentor bagi orang orangnya. Bukannya hanya ingin dilayani, tapi pemimpin harus membawa orang orangnya menuju jalan yang lebih baik. Dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak bisa menjadi bisa. Anda harus memberikan kenyamanan, keamanan dan mepertaruhkan  kesejahteraan hidup bagi mereka.

     Fokuslah untuk menyelesaikan permasalahan bukan mencari cari kesalahan. Kadang orang orang juga akan jenuh pada pemimpin yang  kerjanya selalu saja mengeluh dan menyalahkan mereka
Ini semua gara gara kamu... kenapa begini kenapa begitu dan bla bla bla

       Ingatlah kawan, pemimpin itu tidak hanya dilayani tapi juga melayani
Tidak hanya memerintah tapi jug harus mau bekerja dan
Tidak hanya mencari kesalahan orang tapi malah mencari solusinya serta
Pemimpin itu harus peka terhadap perasaan orang lain

       Nah untuk motivasi kali ini, saya akan memberikan salah satu tokoh sebagai contoh pemimpin yang baik di negara kita.
  Siapa lagi kalau bukan Pak Jokowi ~^O^~ yang sekarang menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta.

       Joko Widodo atau yang akrab disapa Pak Jokowi ini telah dinobatkan sebagai Walikota Terbaik Ketiga di Dunia diatas Park Wan-su walikota Korea Selatan ( remaja.suaramerdeka ) Ia tak hanya terkenal di dalam negeri saja, melainkan sampai ke luar negeri. Kabar baik itu diumumkan langsung oleh The City Mayors Foundation, Yayasan yang berdiri sejak tahun 2004 yang konsen membahas masalah perkotaan.

        Pemilihan ini bukan tanpa alasan. Ia dapat terpilih berkat perannya sebagai walikota Surakarta yang mampu mengangkat citra lota solo sebagai kota pusat budaya yang ternyata mendapat perhatian positif dari dunia internasional. Tak hanya itu, Jokowi juga mampu mengkampanyekan gerakan bebas korupsi yang menunjukkan dirinya sebagai politisi yang jujur.
        Tapi tetap saja Jokowi tidak menjadi sombong karenanya. Namun ia tetap mengucapkan ungkapan terima kasihnya secara tulus.

         Nah, selain Jokowi, masih ada sembilan nama lainnya yang mendapatkan penghargaan Walikota terbaik. Seperti di peringkat pertama ada Walikota Bilbao (Spanyol) , yang berhasil mengubah Bilbao dari kota industri menjadi pariwisata. Lalu ada Lisa Scaffidi Walikota Perth (Autralia), yang berada di peringkat kedua karena mengenalkan Perth sebagai pembuat roti dan susu yang berkualitas dunia. 

       Inilah Daftar 10 besar walikota terbaik dunia: 
1. Inaki Azkuna, Bilbao, Spanyol 
2. Lisa Scaffidi, Perth, Australia 
3. Joko Widodo, Surakarta, Indonesia 
4. Regis Labeaume, Quebec City, Kanada 
5. John F Cook, El Paso, Amerika Serikat 
6. Park Wan-su, Changwon City, Korea Selatan 
7. Len Brown, Auckland, Selandia Baru 
8. Edgardo Pamintuan, Angeles City, Filipina 
9. Mouhib Khatir, Zeralda, Aljazair 
10. Alfonso Sanchez Garza, Matamoros, Meksiko 

   Tinggalkan komentar...

RELATED POSTS

1 comment:

  1. saya juga ingin sekali menjadi seorang pemimpin yang saya tukitin ketika seseorang yang berkerja dengan saya mungkin sekretaris atau rakyat lainnya kecewa dengan kebijakan yang saya buat. grosirgamiskurmurah

    ReplyDelete

Komentar yang baik ^^ Enjoy your time