CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Monday 12 March 2012

Cerpenku



 Kunjungan Terakhir
               By Nur Azizah Novitami WInarko

 Malam ini terjadi hujan yang sangat lebat disertai dengan gemuruh dari langit. Aku mulai menatap langit dengan rasa ngeri dan takut.
                Tiba-tiba,,,,,,,,
                Tok…tok…tok !!!!
                Aku pun keluar menghampiri orang tersebut sembari memasang senyum lebar. Aku mulai menatapnya untuk beberapa detik, kemudian masuk kembali mentup pintu dan berlari menuju kamar mengambil sebuah foto di album. Setelah itu, aku kembali membuka pintu dan memastikan wajahnya yang keheranan.
                “ Rasty ? “ panggilku
                “ Iya !!! ssshhhhh sekarang bolehkah aku masuk ? “ tanya gadis berambut panjang itu yang tak lain adalah sepupuku Rasty.
                “ Kau udah datang, berarti boleh masuk dong ! Silahkan ! “
                Aku menyuruhnya masuk dan mempersilahkannya mengganti baju di kamarku. Rasty adalah sepupuku yang tinggal di Bandung. Ia mengunjungiku untuk sekalian mendaftarkan diri di Universitas yang ada di kotaku.
                Rasty terbang sendiri dari Bandung menuju Makassar. Aku sempat khawatir padanya. Apalagi malam ini terjadi hujan badai. Apakah dia tidak takut tersesat ? tapi ya sudahlah, aku lega akhirnya dia sudah ada di sini

                                                                                Xxxxxxxxxx

                Setelah beberapa waktu berlalu, aku mencoba membuka pintu kamarku untuk memastikan keadaannya. Namun saat kubuka pintunya, aku menemukannya di sisi ranjang sembari menangis tersedu-sedu.
                Rasty terlihat sangat aneh. Wajah pucatnya itu membuatku tidak sanggup berlama-lama memandangnya.

                                                                                Xxxxxxxxxxx
Keesokan paginya…………..
                Setelah kami selesai sarapan, aku menghampirinya yang sedang berbenah barang.
                “ Mau pergi ya ? “ tanyaku
                “ Iya Nis, pergi tes ! “
                “ Oo… mau aku antar ? “
                “ Kalo boleh sih gitu !! Sekali aja, soalnya aku belum tau tempatnya di mana !! “
                “ Nggak usah sungkan lagi Ras !! “
                “ hehehehe “ tawanya
                Aku mulai bersiap untuk mengantarnya ke Universitas itu. Tapi Rasty berkata ia cukup diantarkan sampai di depan gerbang, takutnya aku akan terlambat kuliah.

                                                                                Xxxxxxxxxx

                Setiap hari waktu berjalan seperti itu. Aku juga sering ngobrol dan hang out bareng Rasty, soalnya dia itu anaknya manis, asik dan nggak banyak protes.
                Sampai tibalah saatnya pengumuman kelulusan Rasty di Universitas tempatnya mendaftar. Namun hari itu, Rasty tidak enak badan dan memintaku untuk menggantikannya.
                “ Aduuuhhhh !!!! “ keluh Rasty
                “ ada apa Ras ?? Kok kamu belum siap – siap sih ? khan entar lagi pengumuman ! “
                “ Badanku terasa nggak enak banget  !! Nggak bisa diajak kompromi , uuuhhh !!! “
                “ Trus kamu nggak jadi pergi  ? “
                “ Itulah…. Kamu bisa gantiin aku nggak, Niss ? “
                “  Ya, tentu !! “ Lagi pula hari ini aku ngak ada kuliah kok!! “
                “ Haaahh syukurlah !! “
                “ Kalo gitu aku berangkat sekarang aja deh !!  entar aku telat lagi !! “
                Aku pun meninggalkan Rasty di rumah dan segera menuju ke Universitas Hasanuddin. Sesampainya di sana, aku segera memeriksa nama-nama yang tidak lulus terlebih dahulu. Ku mulai meneliti dari atas ke bawah,,,,,dan,, yeeppiiiee !!! nama Rasty nggak ada di sana. Aku berpikir, pasti rasty lulus !! yee !!
                Tapi aku bukan orang yang gegabah, jadi kuputuskan untuk meneliti bagian nama yang lulus dari bagian yang paing atas hingga ke bawah. Haah ?
                Aku tersentak kaget, nama Rasty Himderblogd tidak ada !! Jadi aku kembali mengulang penelusuranku dari nama yang tidak lulus sampai nama yang lulus. Tetapi tetap saja nama Rasty tidak ada di sana.

                                                                                Xxxxxxxxxx
Di ruang panitia………..
                “ Selamat siang, ada yang bisa saya bantu ?? “ tanya seorang pria
                “ Begini, saya ingin bertanya, mengapa nama Rasty Himderblogd tidak ada ya, Pak ? baik itu di pihak lulus maupun tidak lulus !! “
                “ Mm tunggu sebentar !!! “
                “ Baik !! “
Beberapa menit kemudian…….
                “ Oo… Rasty Himderblogd tidak ikut dalam ujian seleksi ke-2, Dik ! Ujian seleksi pertama di seluruh provinsi sempat ia ikuti dengan nilai tertinggi di Bandung. Namun pada seleksi ke-2  ini, ia dinyatakan tidak hadir oleh panitia !! “
                “ Haah ?? Tidak ikut ?? tapi saya mengantarnya sampai di gerbang !! “
                “ kami juga tidak tahu !! Ini bukanlah tanggung jawab kami !! Yang jelas nama Rasty tdl terdaftar pada pendaftaran ulang seleksi ke-2 !!! “
                “ Bagaimana bisa ? “ tanyaku dalam hati
                Aku pun meninggakan tempat itu dengan perasaan sangat kecewa  pada Rasty. Mengapa ? Apa ia kabur ? Entahlah !!

                                                                                                Xxxxxxxxxx

                Sesampainya di rumah, aku segera menuju kamar Rasty. Lagi lagi aku menemukannya menangis tersedu-sedu di sisi ranjang. Aku jadi nggak tega memberitahunya ! Akhirnya kuputuskan untuk memberitahunya setelah kondisinya membaik.
                Untuk membantu mengulur waktu, aku mencoba menyalakan TV dan mendengarkan sebuah berita.
                “ Selamat siang pemirsa !! Hari ini pencarian korban jatuhnya pesawat Garuda dengan penerbangan Bandung – Makassar telah dihentikan. Setelah 6 hari dilakukan pencarian , akhirnya semua korban telah ditemukan dengan kondisi tidak bernyawa. Berikut nama – nama korban yang telah ditemukan. “
               
                Iseng nggak ada kerjaan aku membaca secara pintas nama-nama tersebut. Lalu tanpa sengaja pandanganku tertuju kepada sebuah nama yang tak asing bagiku.
                “ Haaahh ? Nggak salah ?? Bagaimana mungkin?? Rasty Himderblogd? “ aku kaget bukan main !!
                “ Jelas-jelas Rasty ada di si…..ni ??? Loch ?? Rasty ??  “ kataku sembari berjalan masuk ke kamar Rasty
                “ Rasty ?? Kamu di mana? “ sambungku
                Aku lalu memeriksa kamar itu dan mulai mencari barang-barang Rasty. Tapi tak satu pun yang bisa kutemukan. Kamar itu bersih seperti sebelum kedatangan Rasty.
Tiba-tiba
Kring….Kring….Kring !!!!
Telepon berbunyi. Ternyata itu dari mamaku.
 “ Iya Ma, ada apa ?? “ Tanyaku
“ ( Menangis ) Maafin mama, Sayang ! Mama baru bisa menghubungimu dan belum sempat memberitahumu !! Soalnya huhuhuhu  mayatnya belum ditemukan ! “
“ Beri tahu apa, Ma ? Kok Mama nangis ? Mayat? Mayat apa ?? “ tanyaku heran
“ Rasty….. dalam perjalanan ke Makassar, pesawatnya jatuh !!! ( menangis ) dan dia meninggal Sayang !!! “
“ Haaahh ? Tapi Ma,,,, 6 hari lalu Rasty datang ke rumah !! Bagaimana bisa ? “
“ Sayang…. kamu nggak usah ngawur !!! 6 hari lalu itu pesawat Rasty jatuh !! Jadi mana mungkin dia datang ke rumah !! “
Segera aku menutup telepon itu karena shock !!
Berselang beberapa menit setelahnya, tiba tiba seseorang memanggilku
“ Nissa !!!! “
Aku pun berbalik ke belakang dan melihat Rasty tersenyum lebar padaku. Tetapi saat aku ingin menghampirinya, Rasty menghilang entah kemana.
Di tempatnya berdiri tadi, aku menemukan sebuah foto. Aku pun mencoba mengambilnya
“ Haaahhh “ teriakku
Aku pun segera membuang foto tersebut yang tak lain adalah foto mayat Rasty yang sangat mengenaskan tertindis bangkai pesawat. Dan dibalik foto tersebut terdapat tulisan


Maaf aku telah membuatmu takut…………….



                                                                                                                Rasty Himderblogd

RELATED POSTS

No comments:

Post a Comment

Komentar yang baik ^^ Enjoy your time